Tips Untuk Menghindari Aquaplaning Atau Hydroplaning Saat Jalan Dalam Kondisi Basah Dan Licin

34
Tips Untuk Menghindari Hydroplaning Saat Saat Jalan Basah

Tips Untuk Menghindari Hydroplaning Saat Saat Jalan Basah

Tips Untuk Menghindari Hydroplaning Saat Saat Jalan Basah

Tips Untuk Menghindari Hydroplaning Saat Saat Jalan Basah – Saat cuaca sedang hujan tentunya kondisi jalan akan menjadi basah dan tak ayal situasi seperti ini patut diwaspadai bagi semua pengendara bermotor baik mobil maupun motor. Karena saat cuaca sedang hujan maka jalan akan tergenang oleh air dan pastinya jalan akan menjadi basah dan licin. Sehingga situasi seperti ini akan sangat berbahaya bagi si pengendara kendaraan bermotor.

Kondisi jalan yang basah dan licin akan sangat menentukan keselamatan dari pengendara mobil itu sendiri. Bahkan teknologi secanggih apapun akan sangat sulit untuk menebak situasi seperti ini.

Apabila sipengemudi sedang menghadapi kondisi seperti ini dibutuhkan kelihaian dan keahlian dari sipengemudi itu sendiri.

Jalan yang basah dan licin cukup merepotkan sipengemudi tentunya karena laju dari kendaraan yang dikemudikannya bisa tidak stabil. Dan ini bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan saat di jalan.

Tips Untuk Menghindari Hydroplaning Saat Saat Jalan Basah

Terjadinya kecelakaan dijalan yang diakibatkan karena kondisi jalan basah dan licin ini biasa disebut dengan aquaplaning atau hydroplaning.

Adapun salah satu penyebab terjadinya aquaplaning atau hydroplaning adalah saat kondisi ban tidak bisa memberikan cengkraman yang kuat terhadap aspal jalan. Kondisi ini dikarenakan adanya sesuatu yang menghambat tapak pada ban ketika bertemu dengan permukaan aspal jalan. Kemungkinan air yang menggenangi permukaan aspal jalan menjadi sumber penyebabnya ban tidak bisa mencengkram secara maksimal terhadap permukaan aspal.

Seperti Apakah Hydroplaning itu?

Jika anda berkendaran dan melintasi jalan yang digenangi air (banjir) sehingga menyebabkan kecepatan mobil anda berkurang atau anda kehilangan kendali dari laju mobil yang anda kendarai sehingga menimbulkan kecelakaan, itulah yang disebut dengan hydroplaning.

Ada 3 hal yang menjadi faktor penyebab kecelakaan yang disebabkan oleh hydroplaning. Pertama, Laju kendaraan yang terlalu tinggi saat melintasi jalan yang basah atau tergenang oleh air sehingga menyebabkan ban pada mobil tidak mampu mencengkram dengan kuat terhadap permukaan aspal. Yang kedua, Ban pada mobil yang dikendarai sudah mulai menipis atau tekanan angin pada ban yang tidak tepat. Dan yang ketiga adalah reaksi yang kurang tepat dari sipengemudi saat menghadapi situasi jalan yang basah atau digenangi oleh air.

Tips Menghadapi Kondisi Aquaplaning atau Hydroplanning.

Bagi anda yang berkendara dan menghadapi kondisi dimana jalan yang anda lalui basah atau tergenang oleh air sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini. Pertama, pastikan ban yang anda gunakan masih dalam kondisi laik untuk jalan dan belum menipis. Kedua, pastikan tekanan angin pada keempat roda ban mobil anda dalam keadaan tepat. Ketiga, Jika anda melalui jalan yang basah atau tergenang oleh air usahakan tidak melaju dalam kecepatan tinggi karena itu sangat berbahaya.

Demikianlah tips yang bisa dilakukan ketika anda menghadapi situasi dimana jalan sedang basah dan licin.